Skip to main content

Lapisan Jaringan OSI Layer

Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model). Lapisan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Physical Layer

berfungsi untuk mendefinisakan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu juga mengidentifikasikan bagaimana sebuah kartu jaringan dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.


2. Data Link Layer

berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai Frame, selain itu pada level ini terjadi koreksi kesalahan,flow control, pengalamatan perangkat keras dan menentukan bagaimana perangkat -perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater dan switch. Kerangka kombinasi bit dan bergerak dari satu hope (halte sebuah node) ke hope yang lain.

3. Network Layer

berfungsi untuk menidentifikasi alamat-alamat IP membuat header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internet working denganmenggunakan router & switch. Network Layer merupakan Kombinasi beberapa kerangka dalam sebuah paket (packet) dan berkomunikasi antara source host dan tujuan host.

4. Transport Layer

berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali ke nomor tujuan setelah diterima. Selain itu pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses dan mentransmisikan ulang terhadap paket yang hilang di tengah jalan. komunikasi secara langsung antara sesuatu proses dengan proses yang lain (Jaringan PC Anda dengan PC teman Anda).

5. Session Layer

berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat dipelihara atau dihancurkan. lapisan ini membantu keluar dengan tugas untuk membawa informasi dari satu node (workstation) ke node lain (workstation). Biasanya sesi harus dibuat sebelum kita dapat transportasi informasi ke komputer lain.

6. Persentation Layer 

berfungsi untuk menerjemahkan data yang hendak di transmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmiskan melalui jaringan. Layer ini juga mengenkripsi informasi atau data yang dikirim dari sebuah PC ke PC yang lain.

7. Aplication Layer

berfungsi sebagai antar muka aplikasi, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan kesalahan. Lapisan ini adalah lapisan paling atas dari model OSI layer. Mengizinkan komunikasi antar perangkat pada   jaringan komputer.

Demikianlah 7 lapisan OSI layer yang dapat saya tampilkan. Mudah-mudahan dapat membantu para pembaca sekalian. Apabila masih ada bagian yang kurang pas sekiranya dapat memberikan masukan di kolom komentar. Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Topologi Jaringan Ring

Ring Jenis topologi ring ini, seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan, jika ada maka token akan memberikan data yang diminta oleh titik jaringan dan menuju ke titik berikutnya. seluruh komputer akan menerima setiap signal informasi yang mengalir, informasi akan diterima jika memang sudah sesuai dengan alamat yang dituju, dan signal informasi akan diabaikan jika bukan merupakan alamatnya sendiri. Dengan kata lain proses ini akan berlanjut terus hingga sinyal data diterima ditujuan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak. Karakteristik Topologi Ring :

SOAL LATIHAN US BAGIAN 2

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada lembar jawaban !! 1. Tiga syarat penting dalam membuat blog di bawah ini benar, kecuali: a. Punya email b. Memasukkan nama blog c. Memilih tempelate d. Memasukkan foto 2. Internet pada awalnya disebut dengan: a. Intranet b. Network c. Computer network d. ARPAnet 3. Berikut ini merupakan kelebihan internet, kecuali: a. Sumber informasi yang tidak terbatas b. Dapat mengirimkan informasi dengan cepat c. Sarana komunikasi yang murah d. Biaya aksesnya mahal 4. Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik disebut: a. Email b. Ghoper c. WWW d. Telnet 5. Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah: a. WWW b. Milis c. Newsgroup d. FTP 6. Sinyal Wifi masih dapat ditangkap dengan radius .. dari titik akses a. 100 m b. 150m c. 1 km d. 5 km 7. Perangkat berikut terdapat pada sebuah hotspot Wifi, kecuali:

Komunikasi Data dan Keamanan Data dalam Jaringan Komputer

Komunikasi Data Dalam Jaringan Komputer Komunikasi Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari 2 komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan baik jaringan lokal (LAN) maupun jarinagn yang lebih luas seperti Internet. Dalam pengiriman data, data yang dikirim melalui jaringan dan internet dikirimkan dalam bentuk paket-paket data. Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol.  Protokol adalah aturan yang membuat 2 komputer saling mengerti satu sama lain. Salah satu protokol yang banyak digunakan adalah TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol). TCP/IP adalah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. TCP/IP mempunyai kelebihan yaitu dapat mengomunikasikan 2 komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan. TCP/IP terdiri dari 4 lapis kumpulan protokol yang disebut layer yang mempunyai fungsi masing-masing yaitu: a. Application Layer, berfungsi se