Skip to main content

Sejarah Jaringan Komputer Pertama di Dunia & di Indonesia

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network atau jaringan yang saling terkoneksi. Internet menghubungkan komputer-komputer   yang ada di seluruh belahan dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.

Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk  oleh  Departemen  Pertahanan Amerika  Serikat  di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangun
an protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan komputer- komputer di 4 univesitas, yaitu Stanford Research Institute, University of California Los Angeles, University of California Santa Barbara, dan University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969. Secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.


wireless
Tahun 1990, ARPANet resmi ditutup. Jaringan tersebut telah berkembang dari awalnya 4 komputer yang terkoneksi menjadi
300.000 jaringan. Tahun 1993 berhasil dikembangkan program untuk melakukan browsing di internet oleh Marc Andreessen (Netscape navigator) kemudian disusul Microsoft corp yang mempopulerkan Internet Explorer. Selanjutnya, tahun 2000-an berkembang beberapa jenis koneksi internet menggunakan perangkat handphone menggunakan GPRS, bluetooth, 3G dan jenis koneksi nirkabel (wireless).

bluetoot icon
Sementara sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun
1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga
1994.
Berawal dari teknologi radio paket 1200bps, ITB kemudian berkembang di tahun 1995-an memperoleh sambungan leased line 14.4Kbps ke RISTI Telkom sebagai bagian dari IPTEKNET akses Internet tetap diberikan secara cuma-cuma kepada rekan-rekan yang lain. September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB, karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3) sehingga memperoleh bandwidth 1.5Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke TelkomNet & IIX sebesar 2Mbps. ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting.

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Baca Juga tentang generasi komputer 1-5, Komputer dan Perkembangannya , Kabel Jaringan Komputer

Sumber: Buku TIK kelas 7

Comments

Popular posts from this blog

Topologi Jaringan Ring

Ring Jenis topologi ring ini, seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan, jika ada maka token akan memberikan data yang diminta oleh titik jaringan dan menuju ke titik berikutnya. seluruh komputer akan menerima setiap signal informasi yang mengalir, informasi akan diterima jika memang sudah sesuai dengan alamat yang dituju, dan signal informasi akan diabaikan jika bukan merupakan alamatnya sendiri. Dengan kata lain proses ini akan berlanjut terus hingga sinyal data diterima ditujuan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak. Karakteristik Topologi Ring :

SOAL LATIHAN US BAGIAN 2

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada lembar jawaban !! 1. Tiga syarat penting dalam membuat blog di bawah ini benar, kecuali: a. Punya email b. Memasukkan nama blog c. Memilih tempelate d. Memasukkan foto 2. Internet pada awalnya disebut dengan: a. Intranet b. Network c. Computer network d. ARPAnet 3. Berikut ini merupakan kelebihan internet, kecuali: a. Sumber informasi yang tidak terbatas b. Dapat mengirimkan informasi dengan cepat c. Sarana komunikasi yang murah d. Biaya aksesnya mahal 4. Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik disebut: a. Email b. Ghoper c. WWW d. Telnet 5. Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah: a. WWW b. Milis c. Newsgroup d. FTP 6. Sinyal Wifi masih dapat ditangkap dengan radius .. dari titik akses a. 100 m b. 150m c. 1 km d. 5 km 7. Perangkat berikut terdapat pada sebuah hotspot Wifi, kecuali:

Komunikasi Data dan Keamanan Data dalam Jaringan Komputer

Komunikasi Data Dalam Jaringan Komputer Komunikasi Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari 2 komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan baik jaringan lokal (LAN) maupun jarinagn yang lebih luas seperti Internet. Dalam pengiriman data, data yang dikirim melalui jaringan dan internet dikirimkan dalam bentuk paket-paket data. Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol.  Protokol adalah aturan yang membuat 2 komputer saling mengerti satu sama lain. Salah satu protokol yang banyak digunakan adalah TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol). TCP/IP adalah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. TCP/IP mempunyai kelebihan yaitu dapat mengomunikasikan 2 komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan. TCP/IP terdiri dari 4 lapis kumpulan protokol yang disebut layer yang mempunyai fungsi masing-masing yaitu: a. Application Layer, berfungsi se