Skip to main content

CARA CEPAT MENGHAFAL RUMUS FISIKA

Matapelajaran IPA terkadang membuat kita kerepotan. Terutama dalah hal menghafalkan rumus-rumus yang begitu banyak dan susah dimengerti. Hal ini yang terkadang membuat para siswa sudah menganggap bahwa Fisika itu cabang Ilmu Pengetahuan Alam suatu hal yang sulit dimengerti.
Kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara menghafal rumus dan memahami ilmu Fisika. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buat Catatan Kecil

Maksudnya disini bukannya kertas contekan ya.... Membuat rumus-rumus penting  di sebuah kertas kecil terkadang sangat ampuh untuk membantu kita mengh
afal rumus-rumus kaarena kita bisa membawanya kemanapun bahkan di tempat-tempat tersembunyi. Semakin kita sering melihat rumus maka ingatan kita akan rumus-rumus tersebut akan semakin baik.

2. Membuat Kertas Rumus

Tempel kertas-kertas rumus di tempat-tempat yang setrategis. Misal: tempel kertas Rumus di dalam kamar tidur dan letakkan di tempat-tempat yang strategis seperti di meja belajar, meja rias, pintu masuk, kaca jendela, lemari pakaian, bila perlu kita tempel juga kertas-kertas tersebut di dalam kamar mandi dan WC. Secara otomatis kita akan selalu melihat rumus-rumus tersebut.

3. Buat Wall Paper di Ponsel

Posel adalah benda yang selalu kita bawa kemanapun kita berada, jadi apa salahnya kalau kita memasang sebuah wallpaper dengan tema Rumus-rumus fisika. Cara ini sepertinya lebih efektif ketimbang kita memasang wallpaper foto artis hehehehhe.

4. Rajin Mengunjungi Perpustakaan

Perpustakaan adalah sumber dari segala ilmu. Ilmu apapun dapat kita peroleh dengan catatan kita mau membaca. Bacalah buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran FISIKA. Dengan rajin membaca tentunya wawasan kita akan semakin bertambah.

5. Rajin Browsing

Internet adalah salah satu perpustakaan maya yang terbesar didunia. Segala informasi yang kita cari semuanya ada di sana. Tetapi kita juga harus ingat bahwa di Internet banyak sekali terdapat informasi yang mengandung hal-hal negatif jadi kita harus selektif dalam memilih situs-situs di Internet.

Masih banyak sekali cara untuk kita dapat menguasai rumus-rumus fisika, akan tetapi untuk kali ini hanya segini dulu informasi yang dafat saya share ke para pembaca. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Topologi Jaringan Ring

Ring Jenis topologi ring ini, seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan, jika ada maka token akan memberikan data yang diminta oleh titik jaringan dan menuju ke titik berikutnya. seluruh komputer akan menerima setiap signal informasi yang mengalir, informasi akan diterima jika memang sudah sesuai dengan alamat yang dituju, dan signal informasi akan diabaikan jika bukan merupakan alamatnya sendiri. Dengan kata lain proses ini akan berlanjut terus hingga sinyal data diterima ditujuan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak. Karakteristik Topologi Ring :

SOAL LATIHAN US BAGIAN 2

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada lembar jawaban !! 1. Tiga syarat penting dalam membuat blog di bawah ini benar, kecuali: a. Punya email b. Memasukkan nama blog c. Memilih tempelate d. Memasukkan foto 2. Internet pada awalnya disebut dengan: a. Intranet b. Network c. Computer network d. ARPAnet 3. Berikut ini merupakan kelebihan internet, kecuali: a. Sumber informasi yang tidak terbatas b. Dapat mengirimkan informasi dengan cepat c. Sarana komunikasi yang murah d. Biaya aksesnya mahal 4. Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik disebut: a. Email b. Ghoper c. WWW d. Telnet 5. Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah: a. WWW b. Milis c. Newsgroup d. FTP 6. Sinyal Wifi masih dapat ditangkap dengan radius .. dari titik akses a. 100 m b. 150m c. 1 km d. 5 km 7. Perangkat berikut terdapat pada sebuah hotspot Wifi, kecuali:

Sejarah Jaringan Komputer Pertama di Dunia & di Indonesia

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network atau jaringan yang saling terkoneksi. Internet menghubungkan komputer-komputer   yang ada di seluruh belahan dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk  oleh  Departemen  Pertahanan Amerika  Serikat  di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangun an protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu D