Skip to main content

ISP (INTERNET SERVICE PROVIDER)

Provider
Internet Service Provider
Beberapa dari kalian mungkin pernah mendengar kata ISP akan tetapi kalian pasti ada yang belum mengetahui. apa itu ISP? ISP merupakan perusahaan penyedia layanan internet. Untuk dapat terhubung dengan internet, kita harus mempunyai akses ke ISP. Segala hal yang diperlukan untuk koneksi ke internet, seperti berapa kecepatan akses internet dan berapa biaya koneksinya, akan diatur oleh ISP tersebut.

Di Indonesia sendiri untuk penyedia jasa layanan internet ada banyak. Karena banyaknya ISP yang ada, kita perlu memilih ISP yang memberikan layanan terbaik dan cocok untuk kita. Adapun kriteria-kriteria yang digunakan untuk memilih ISP adalah sebagai berikut:

a. Kecepatan Transfer Data
speed test
Speed Test
Kecepatan transfer data dalam dunia komputer dan telekomunikasi adalah jumlah data dalam bit yang melewati suatu medium dalam satu detik. Umumnya dituliskan dalam bit per detik (bit per second) dan disimbolkan bit/s atau bps bukan bits/s. Menggunakan internet berarti mempertukarkan data-data antara dua buah komputer. Oleh karena itu, kecepatan transfer data di internet sangatlah dipertimbangkan. Cepat lambatnya perpindahan data dari sebuah komputer server di internet ke komputer lain sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang digunakan. 

b. Bandwidth
bandwidth
Bandwidth
Bandwidth adalah saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Bandwidth dapat diibaratkan sebagai sebuah jalan raya yang dilewati oleh banyak kendaraan (data-data) secara bersama-sama. Semakin banyak kendaraan lewat maka semakin lambat laju kendaraan. Semakin lebar jalan raya maka semakin banyak kendaraan yang dapat dilewatkan. Satuannya adalah byte per scond (bps) artinya banyaknya bit data yang dapat dipindahkan dari 1 komputer ke komputer lain dalam satu detik.

c. Memiliki server proxy
server proxy
proxy
Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat. Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman web-halaman web yang sering dikunjungi sehingga jika pelanggan mengunjungi website favoritnya, pelanggan tidak perlu terhubung langsung dengan server wevsite tersebut, tetapi cukup terhubung dengan server proxy ISP. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwidth karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.

d. Keamanan data

cyber security
keamanan data
Keamanan komputer atau dalam Bahasa Inggris computer security atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity atau IT security adalah keamanan informasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya. Computer security atau keamanan komputer bertujuan membantu user agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. Informasinya sendiri memiliki arti non fisik. Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan atau tidak.

 e. Biaya
paket data
Biaya internet
Kebutuhan internet kini semakin dibutuhkan untuk menunjang aktivitas maupun pekerjaan sehari-hari. sehingga anda harus menyiapkan budget khusus untuk membeli paket internet yang sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan anda. Internet juga dibutuhkan sebagai akses global yang sudah wajar digunakan oleh sebagian besar masyarakat dunia tidak hanya di Indonesia. Biasanya, harga paket internet termurah yang disukai masyarakat adalah paket internet yang murah namun memiliki kuota banyak serta jaringan yang diakses menghadirkan koneksi yang kuat. Karena sinyal yang stabil akan berpengaruh terhadap proses pencarian informasi atau aktivitas lainnya yang sedang anda gunakan melalui media internet. 

f. Memiliki Backbone
kecepatan tinggi
Kecepatan Tinggi
Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan. Dengan menggunakan jaringan backbone, masalah kecepatan interkoneksi antar jaringan lokal dapat teratasi. Sebenar bisa saja bila kita hanya menggunakan kabel jaringan UTP untuk menggabungkan atar jaringan lokal tersebut, tetapi akan terasa sekali lambatnya. Karena kabel UTP itu hanya bisa di lewati dengan kecepatan transfer data hingga 100 Mbps, jaringan backbone bisa memuat hingga 10 Gbps.

g. Layanan yang diberikan
isp
Layanan konsumen
Pelayanan merupakan hal yang sangat penting pada saat kita akan menentukan ISP mana yang akan kita gunakan. Karena sebagus apapun ISP  apabila tidak memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan maka ISP yang seperti ini tidak layak untuk kita gunakan. Pilihlah ISP yang memberikan pelayan prima kepada usernya. 

h. Hardware
modem
modem
Modem adalah salah satu hardware utama yang dimiliki ISP. Kualitas bahan dan kualitas akses internet juga sangat berpengaruh besar terhadap kecepatan akses internet. Pilihlah ISP yang memiliki hardware paling baik. Sehingga kita akan nyaman dalam menggunakan internet.

i. Teknologi yang digunakan
isp
ISP
Kita sebagai user juga perlu mengetahui teknologi apa saja yang dimiliki oleh ISP untuk meningkatkan kinerjanya. Saat ini, teknologi kompresi data memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP didukung oleh teknologi semacam ini. Hal ini demi kenyamanan dan kecepatan kita dalam akses internet, ISP tersebut harus selalu up-date terhadap perubahan teknologi sehingga dapat memuaskan seluruh layanan yang disediakan kepada semua pelaggan. Beberapa ISP untuk layanan koneksi dial-up menggunakan teknologi transfer data, yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Sedangkan untuk layanan koneksi internet dengan 3G, beberapa ISP menggunakan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang memungkinkan kecepatan akses data hingga 2,6 mbps.

Demikianlah kriteria dalam menentukan ISP yang akan kita gunakan. Mudah-mudahan dapat membantu pembaca sekalian... baca juga tentang
Terimakasih untuk kunjungannya. dan jangan lupa untuk klik iklan untuk membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Topologi Jaringan Ring

Ring Jenis topologi ring ini, seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan, jika ada maka token akan memberikan data yang diminta oleh titik jaringan dan menuju ke titik berikutnya. seluruh komputer akan menerima setiap signal informasi yang mengalir, informasi akan diterima jika memang sudah sesuai dengan alamat yang dituju, dan signal informasi akan diabaikan jika bukan merupakan alamatnya sendiri. Dengan kata lain proses ini akan berlanjut terus hingga sinyal data diterima ditujuan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak. Karakteristik Topologi Ring :

SOAL LATIHAN US BAGIAN 2

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada lembar jawaban !! 1. Tiga syarat penting dalam membuat blog di bawah ini benar, kecuali: a. Punya email b. Memasukkan nama blog c. Memilih tempelate d. Memasukkan foto 2. Internet pada awalnya disebut dengan: a. Intranet b. Network c. Computer network d. ARPAnet 3. Berikut ini merupakan kelebihan internet, kecuali: a. Sumber informasi yang tidak terbatas b. Dapat mengirimkan informasi dengan cepat c. Sarana komunikasi yang murah d. Biaya aksesnya mahal 4. Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik disebut: a. Email b. Ghoper c. WWW d. Telnet 5. Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah: a. WWW b. Milis c. Newsgroup d. FTP 6. Sinyal Wifi masih dapat ditangkap dengan radius .. dari titik akses a. 100 m b. 150m c. 1 km d. 5 km 7. Perangkat berikut terdapat pada sebuah hotspot Wifi, kecuali:

Komunikasi Data dan Keamanan Data dalam Jaringan Komputer

Komunikasi Data Dalam Jaringan Komputer Komunikasi Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari 2 komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan baik jaringan lokal (LAN) maupun jarinagn yang lebih luas seperti Internet. Dalam pengiriman data, data yang dikirim melalui jaringan dan internet dikirimkan dalam bentuk paket-paket data. Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol.  Protokol adalah aturan yang membuat 2 komputer saling mengerti satu sama lain. Salah satu protokol yang banyak digunakan adalah TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol). TCP/IP adalah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. TCP/IP mempunyai kelebihan yaitu dapat mengomunikasikan 2 komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan. TCP/IP terdiri dari 4 lapis kumpulan protokol yang disebut layer yang mempunyai fungsi masing-masing yaitu: a. Application Layer, berfungsi se